Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ibu Pekerja Tiap Hari Berteman Stres

Ibu Pekerja Tiap hari Berteman Stres

Blogger Health ~ #ibupekerja, #stres, #kehidupanpribadi, #hubunganasmara, #karier, #tips, #kesehatanmental

Persoalan kondisi lalu lintas macet, cuaca dan tuntutan pekerjaan, sering berlaku hukum saling silang dengan persoalan tuntutan mencari untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Ketiga persoalan umum itu kini tidak lagi terjadi di ibukota negara, namun telah merembet ke sejumlah daerah terutama kota kota besar daerah.

stress ibu pekerja
Walaupun ibukota masih dominan bertengger di urutan teratas, namun persoalan stress menghadapi berbagai kondisi yang seolah menjadi penghalang dalam mencari kebutuhan rumah tangga, hampir merata menghinggapi keluarga, dan kondisi teratas dialami oleh keluarga muda.

Istilah stres baru menjadi trend topik hangat sekitar tahun 1980.

Istilah stres kini sudah menjadi hal lumrah sebagai materi pembicaraan umum.

Artinya stres telah menjadi bagian kehidupan semua orang.

Beberapa survey menemukan selain ketiga faktor diatas, stres para ibu bisa muncul pada saat pembantu pulang kampung, mencari pembantu baru, masalah ekonomi keluarga, masalah rumah tangga dan kematian pasangan.

Persoalan pembantu dan masalah keuangan keluarga sebagai penyebab stres para ibu ini, terkait kelahiran anggota baru keluarga, berikut mengurus segala perlengkapan bayi.

stres ibu
Dari beberapa penyebab stres para ibu, biang kerok tertinggi adalah masalah keuangan.

Ada ibu yang tidak mampu mengatasi stress, sebagai bukti adalah video seorang ibu mengendarai motor melaju kencang di jalan toll tanpa mengenakan helm pelindung kepala, bahkan ada video ibu melakukan BAB di supermarket terekam CCTV.

Baca : Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ilustrasi Para Ibu Pekerja Di Kota Besar

Mereka hingga kini baik-baik saja, artinya ternyata masih banyak para ibu pekerja, mampu mengatasi stres di tempat kerja.

*     Lokasi rumah walau sudah rumah sendiri (lebih parah jika status masih mengontrak), harus ditempuh dengan menggunakan jasa ojek, agar mencapai jalan utama.

*     Sampai di jalan utama, masih menunggu angkutan kota, dan harus berganti angkutan kota lain sebanyak tiga kali, dan tempat turun angkutan kota terakhir ini masih harus ditempuh jalan kaki, untuk bisa sampai di tempat kerja.

*     Tiap hari kerja, terbagi dalam :

        =     Shift pagi dimulai jam kerja 07.30 hingga jam 16.00.
        =     Shift sore dimulai jam kerja 16.00 hingga jam 21.00.
        =     Shift malam dimulai jam kerja 21.00 hingga jam 07.30.

stres pekerja kota besar
*     Untuk memenuhi tuntutan jam kerja shift pagi, dan mengingat cara menempuh perjalanan ke kantor.

Kegiatan pagi seorang ibu pekerja harus sudah siap berangkat jam 05.30, dengan dukungan kesiapan pak ojek langganan.

*     Kegiatan diatas jauh lebih seru saat hujan mengguyur tanpa ampun.

*     Menuliskan semua kegiatan ibu pekerja, bisa jadi cerita bersambung, misal jam 05.30 harus sudah siap depan rumah dan berangkat naik ojek.

Lha kegiatan dari bangun tidur hingga siap berangkat kerja jam 05.30, apakah bukan materi artikel menarik untuk ditulis?.

*     Hal diatas itu baru tulisan sederhana tentang kegiatan ibu pekerja, saat berangkat kerja.

Bagaimana saat ibu bekerja?.

Bagaimana perjuangan dan tingkat stres, saat ibu pulang kerja?.

Bagaimana menghadapi tuntutan pekerjaan saat bekerja pada shift malam?.

Tiap hari rutinitas berlangsung seperti itu.



Baca : Cara Meningkatkan Stamina

Boleh dibilang rutinitas tiap hari kerja, apabila hati perasaan ibu tidak ada gangguan lain, mungkin lumayan bisa membantu mempertahankan senyum tulusnya.

stress ibu pekerja
Namun bagaimana kondisi kejiwaan ibu pekerja, jika pada saat rutinitas berangkat dan pulang kerja - menghadapi cuaca hujan, terjebak macet, pulang tengah malam.

Sepanjang perjalanan harus berdiri karena angkutan umum (KRL jabodetabek) tempat duduknya telah penuh dijejali penumpang berjubel, harus meninggalkan anak sakit, suami kena PHK atau malah suami selingkuh?.

Awalnya akan menulis materi mengatasi stres di tempat kerja, lha kok malah menulis alur tulisan baru di point berangkat kerja, dan belum sampai tempat kerja, ternyata sudah bikin stress.

Sungguh acung jempol buat para ibu pekerja di kota besar.

Tiap hari kerja harus tampil cantik, ditengah hiruk pikuk kemacetan, hujan, harus selalu waspada dengan kondisi sekitar.

Baca : Gaji Besar, Istri Cenderung Kehilangan Rasa Hormat Kepada Suami

Menulis materi artikel tentang rutinitas ibu pekerja di kota besar, ternyata mampu membuat penulisnya mengalami....stress

Ibu Pekerja Tiap Hari Berteman Stres
Semoga bermanfaat.